Perangkat Pendukung Terbentuknya Multimedia

PERANGKAT PENDUKUNG TERBENTUKNYA MULTIMEDIA
veri

A. Sejarah Perkembangan Teknologi Multimedia Hingga Kini (2016)
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi ( yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi ).Masa Pra-Sejarah ( …s/d 3000 SM )
Pada awalnya Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk – bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding – dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda – benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk – bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa

hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
• Masa Pra-Sejarah ( … s/d 3000 SM )
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat – alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya
• Masa Sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )
Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan – kalangan terbatas saja, digunakan pada saat – saat khusus, dan mahal.
• 3000 SM
Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol – simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf – huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda ( penyebutan ), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
• 2009 SM
Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
• 500 SM
Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis / media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
• 105 SM
Bangsa Cina Menemukan Kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan system.
• Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1455
Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.
• Tahun 1830
Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
• Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
• Tahun 1899, Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape ( pita ) Magnetis yang pertama.
• Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
Tahun 1940, Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
• Tahun 1945, Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan
Hypertext.
• Tahun 1946, Komputer digital pertama didunia ENIAC I
dikembangkan.
• Tahun 1948, Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.

• Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1957
Jean Hoerni mengembangkan transitor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengemban jutaan bahkan milyar transistor dimasukkan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
• USSR ( Rusia pada saat itu ) meluncurkan sputink sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata – mata. Sebagai balasannya
Amerika membentuk Advance Research Project Agency ( ARPA ) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.
• Tahun 1962
Rand Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.
• Tahun 1969
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes ( titik ), antara University of California, SRI ( Stanford ), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
• Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.
• Tahun 1973-1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP / IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP / IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara: DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.

• Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database ( oleh AT&T ), Jasa Registrasi ( oleh Network Solution Inc, ), dan jasa Informasi (oleh General Atomics / CERFnet ), 1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian – penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih. Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian – penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih dan banyak sekali yang diterjunkan para engineer pada bagian rekayasa dan kerasnya.
• 1995 s/d 2016 sekarang
Dimana tahun tersebut adalah tahun dimana para developer mengembangkan teknologi sebelumnya menjadi teknologi yang amat cerdas dan kreatif, dimana sebelumnya sudah kita ketahui ada perangkat seperti pc, mobile smartphone, Controller Board Cerdas (Mikrokontroller), High Performance Networking yang kini kita ketahui adalah 4G LTE di Indonesia, layanan cloud computing, layanan sistem informasi terintegrasi seperti Go-JEK, Eccommerce Toko Online), Smart City dan Smart Home Konsep Kota/Rumah Cerdas Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi, dengan hadirnya robotik, Drone (UAV), Artiffical Intelligent, sensor diberbagai perangkat, Video/Audio Streaming, New Web & App Generation, Jika semua yang kita ketahui diatas sudah lengkap tidak menutup kemungkinan bahwa manusia dengan robot bisa bertindak atau berkomunikasi secara langsung untuk memberikan intruksi maupun informasi secara langsung atau real time teknologi tersebut disebut dengan IOT “Internet Of Things” suatu sistem penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi cerdas yang terintegrasi dengan berbagai perangkat teknologi secara real time.

B. Definisi Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Pengertian Lain Multimedia adalah media dan konten yang menggunakan kombinasi dari bentuk konten yang berbeda. Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (media dengan beberapa bentuk) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah ini digunakan dalam media yang berbeda dengan hanya menggunakan layar komputer dasar seperti teks saja, atau bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak. Intinya Pengertian Multimedia adalah kombinasi teks, audio, gambar diam, animasi, video, atau bentuk interaktivitas konten.
Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut. Kegunaan Multimedia Untuk Teknik Mesin
Multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik, seperti Autocad untuk merancang bangunan rumah, dalam bidang automotif software yang digunakan adalah Catia, Autodesk Inventor dan Solidworks, untuk simulasi menggunakan software CFD dan lain-lain. Simulasi dapat menampilkan objek- objek dua dimensi atau tiga dimensi yang dapat membantu dalam jurusan teknik mesin, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristik menyerupai bentuk nyata dan dapat menunjukan hasil dari simulasi yang berupa gelombang, angka dan persamaan matematis yang biasa disebut hasil simulasi atau post. Fungsi software dapat membantu karena dapat mempermudah menggambar dan mengetaui hasil simulasi dari benda yang kita analisa tanpa harus kita hitung secara keseluruhan. Hasil yang didapatkan dalam meenggunakan software itu tidak
jauh berbeda karena software mempunyai nilai kesalahan 10% saja dari hasil
sebenarnya.
C. Elemen-Elemen Pembentuk Multimedia
Multimedia dapat menyampaikan dan menyebarkan informasi dengan cara baru yang informatif dan efisien. Menurut James A Senn. Multimedia terdiri dari beberapa unsur program yang masing-masing unsur menyediakan fasilitas bagi penggunanya, yaitu :

  • Teks

Bagian multimedia ini menayangkan tulisan di layar. Teks merupakan cara yang cepat untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi, sedangkan teks akan selalu digunakan dalam setiap program.

  • Grafis/Gambar

Gambar yang digunakan dalam produksi-produksi multimedia berkisar dari klip art sederhana sampai fotografi. Dengan melihat gambar, akan menghasilkan pengaruh yang kuat dibandingkan hanya sekedar membacanya saja.

  • Video/Film

Dengan suatu bagian atau program multimedia, komputer dapat berubah menjadi seperangkat televisi, atau media interaktif terintegrasi diberbagai platform seperti Smartphone memungkinkan untuk menghadirkan atau menyaksikan suatu film yang diputar berulang-ulang.

  • Animasi

Pada dasarnya, animasi adalah menayangkan gambar-gambar secara bargantian, hingga mata kita menangkap pergantian gambar-gambat sebagai sebuah pergerakan. Kadang-kadang animasi dapat mengekspresikan suatu unsur yang lebih mengena karakteristiknya dibandingkan film.

  • Audio/Suara

Dengan suara, sebuah animasi akan terasa lebih indah karena suara akan menciptakan suasana yang lebih hidup, menghilangkan rasa jenuh dan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pemakai aplikasi tersebut.

1. Teks

Merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Biasanya dihasilkan oleh program pengolah kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar multimedia. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen, karena hamper seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama, definisi atau aturan Memberi penekanan untuk sesuatu materi yang ingin disampaikan. Jenis-jenis teks yang terdapat pada sebuah software ada berbagai macam, seperti : Times New Roman, Arial, Calibri, Comic sans dan lain lain.

2. Grafis

Merupakan elemen paling penting, memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi maklumat.Membantu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan.Menjadikan presentasi atau penyampaian informasi dengan lebih menarik. penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat, terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Berikut adalah bidang
Merupakan elemen paling penting, memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi maklumat.Membantu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan.Menjadikan presentasi atau penyampaian informasi dengan lebih menarik. penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat, terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:

  • Antarmuka pengguna
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi

3. Audio
Membantu menyampaikan informasi dengan lebih efektif (misalnya: penggunaan suara latar atau kesan audio khusus). Membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan.Membantu meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan. Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga katagori :
1. Ucapan (speech) : suara orang berbicara
2. Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
3. Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll 4. Video – Menyediakan metode penyaluran informasi yang amat menarik dan hidup.Merupakan elemen atau media yang sangat dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi. Merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yanga ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.
5. Animasi
Berperan sebagai penarik pada sebuah presentasi dan sangat membantu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks dengan mudah. Animasi mengacu pada gambar-gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame (bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :

  • Animasi buatan. Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
  • Animasi video. Animasi yang dihasilkan melalui rekaman darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya.

6. Special Efek
Special Effects atau Efek Spesial di dalam bahasa indonesia, sering disingkat SFX atau SPFX banyak digunakan di dalam dunia film, pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini, efek spesial tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial.
Adapun bentuknya, efek special digunakan untuk meningkatkan dampak suatu objek terhadap indra manusia. Obyek tersebut berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan. Dengan demikian, diharapkan efek special bias menigkatkan ketertariakn seseorang terhadap obyek tersebut.
7. Interaktifitas
Komunikasi antara orang-orang secara tatap muka ,yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung,baik secara verbal ataupun nonverbal. Kenyataannya komunikasi tatap muka membuat manusia merasa lebih akrab dengan sesamanya,berbeda dengan komunikasi lewat media massa seperti surat kabar dan televisi atau lewat teknologi komunikasi tercanggih sekalipun seperti telepon genggam, Email, atau telekonferensi, yang membuat manusia merasa terasing.
Komunikasi manusia adalah komunikasi yang mengisyarakat penyampaian pesan searah dari (atau suatu lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya,baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar, majalah, radio, atau televisi. Jadi,komunikasi dianggap suatu proses linier yang dimulai dengan sumber atau pengirim dan berakhir pada penerima,sasaran atau tujuannya.
Pemahaman komunikasi sebagai proses searah sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatap-muka,namun mungkin tidak terlalu keliru bila diterapkan pada komunikasi publik (pidato) yang tidak melibatkan tanya jawab dan komunikasi massa (cetak dan elektronik). Akan tetapi, komunikasi massa melalui radio dan telivisi pun sekarang ini juga cenderung dua arah (interaktif). Suatu acara di radio, ataupun telivisi, sering mengadakan acara yang melibatkan tanya jawab secara langsung dengan pendengar atau pemirsa.
Perangkat aturan (meskipun tidak tertulis) yang ditetapkan di keluarga mempengaruhi cara berkomunikasi, begitu pun perangkat aturan (tertulis) yang di tetapkan pemerintah. Pemerintah,melalui aturan-aturannya, hingga derajat tertentu menetapkan norma komunikasi warganya, baik komunikasi langsung ataupun komunikasi bermedia, termasuk komunikasi massa. Setiap negara biasanya memiliki suatu sistem komunikasi tertentu.

D. Implementasi Perangkat Keras (Hardware) Maupun Perangkat Lunak Software Pembentuk Multimedia

  • Perangkat Lunak(Software)

mutiple-application-cover

Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah
Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source.
Adapun dalam pembagiannya yakni software bersifat opensource ataupun lisensi :

  1. BERSIFAT OPENSOURCE

• Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini ikut dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
• PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
• Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
• DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
• Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.
• Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.
• Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
• Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.
• Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.
• Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit
• audio dan video.
• TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
• ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
• XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
• Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
• Microsoft Picture Manager, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Digunakan untuk melihat picture.
• Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. berguna untuk melihat photo.
• VLC Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. yang digunakan untuk memutar video dan audio.
• Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Corel Corporation. Digunakan untuk mengedit, menggambar image. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk mengedit image. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat open source dan diproduksi oleh Macromedia Inc. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com
• 3D Studio Max, bersifat open source dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment. Digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi.
• Silo 3D Modelling, bersifat open source dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co. Dugunakan untuk membuat gambar 3D

2. BERSIFAT LISENSI

• Movieworks, bersifat lisensi/berbayar dan diproduksi oleh Win, mac yang digunakan untuk menggunakan video, suara,animasi, cat dan alat editing gambar dengan urutan berdasarkan waktu kuat, berorientasi objek dan program authoring. Lima MovieWorksterintegrasi Deluxe aplikasi produksi bekerja sama mulus, sehingga mudah untuk memasukkan video analog atau digital, tombol, foto, grafik, animasi,3D, narasi, MIDI, MP3, CD musik, teks dan sertifikasi, dan film bahkanrealitas virtual ke menakjubkan, profesional-kualitas multimedia produksi.
• Mediablander,bersifat lisensi dan diproduksi oleh Win, Mac yang digunakan mudah untuk menggunakan paket multimedia authoring.MediaBlender akses dari komputer manapun dengan akses Internet, tuan rumah perangkat lunak pada server Anda sendiri untuk kinerja yang lebih baik, dan beban sebuah aplikasi yang berdiri sendiri pada komputer Andauntuk digunakan tanpa koneksi internet.
• Blender 3D, adalah sebuah software editing 3 Dimensi berlisensi GNU . Software ini dapat digunakan untuk untuk editing obyek 3 Dimensi. Fungsinya hampir sama dengan software maya dan 3D Studi Max. Blender dapat berjalan di sistem operasi berbasis windows dan linux.
• Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Dapat diperoleh di http://www.soft-games.com.
• CloneDVD, bersifat lisensi Fungsinya untuk meng-cloning DVD/CD persis aslinya dan bisa di-convert ke berbagai target spt AVI, ASF, iPod MP4, PSP MP4, 3GP, ISO file, dll. Disamping itu bisa menembus sekaligus mem-bypass pelbagai proteksi DVD, sepeti dual layer. dapat diperoleh di http://www.mixzhare.com/thread-8164.html.
• 3DMark : Software yang bisa mendeteksi kemampuan kartu grafis (VGA Card) komputer Anda. Versi terbaru software ini harus didukung oleh DirectX versi 9.Pengujian dilakukan dalam 4 tahap. Semakin tinggi score, semakin tinggi kemampuan kartu grafis yang Anda gunakan.
• Gim : Software untuk mengedit photo. Menambah warna, tulisan dan masih banyak lagi. Software ini tidak kalah dengan adobe photoshop.
• XTreme : Software pengolah gambar. Bisa memberi efek 3D pada tulisan/gambar yang dibuat. Menambah teks, memberi efek warna, efek pandangan dan masih banyak fitur lainnya.
• Faststone :Software ini mampu melihat photo/gambar, mengkonversi, mengcapture dan memotong photo/gambar. Mampu memberikan efek pada photo/gambar, memberi bingkai photo/gambar. Tersedia slide show untuk menampilkan koleksi gambar/photo Anda.
• Inscape : Software yang bisa digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor. Software ini tidak kalah dengan coreldraw maupun Macromedia freehand.
• 3D Canvas : Software untuk membuat tampilan 3D. Anda bisa mengatur posisi kamera sehingga bisa dilihat dari berbagai arah.
• 3D Home : Software untuk mendesain rumah beserta furniturenya. Anda tinggal menambah beragam pilihangambar/asesoris yang disediakan.
• Google : Software yang digunakan untuk mendesain bangun 3D. Rumah, jembatan dan bangun lainnya bisa Anda desain.
• Font Twister : Software yang digunakan untuk membuat animasi text dengan berbagai efek. Biasa digunakan untuk text di website, slide presentasi, multimedia project dan lainnya. Banyak fasilitas yang ada, diantaranya soften, sharpen, rotate, mirror.
• W-Reflections : Software yang bisa menambah efek hujan, salju yang turun, air yang menggenang dalam gambar/foto Anda. Bisa membuat gambar Anda menjadi lebih hidup.
• GadwPrint Screen : Software yang digunakan untuk meng-capture gambar yang ada di layar monitor komputer Anda. Dalam mengcapture ada pilihan current window, client window, full screen dan rectangular area.
• PDF Editor : Selain mampu membaca file Pdf, software ini juga mampu mengedit teks, seperti menambah atau menandai teks yang penting. Anda bisa menambah link file pdf atau file audio/videopada teks tertentu. Bisa memberi tambahan gambar, object dan masih banyak fasilitas lainnya.
• R-player : Software Pemutar file video/audio. Bisa digunakan untuk mendownload file video dari internet. Mampu memblok pop up saat Anda sedang mendownload.
• Audi : Program untuk mengedit file audio. Memotong, memperbanyak, menyatukan track, merekam dan memberi efek khusus pada suara.
• Audio Basic : Selain bisa membaca file audio/video, software ini juga mampu mengubah format file audio/video. Anda juga bisa mengedit dan merekam dan meggabungkan file audio yang telah Anda rekam.
• Converter : Software yang bisa mengubah format video yang Anda download dari youtube.com menjadi format MP3.
• Rip Mp3 : Software untuk merubah format file CD audio menjadi bentuk MP3 atau WAV.
• 3D Pictures : Software untuk menampilkan screen saver 3D. foto-foto yang Anda pilih seperti berada di gedung pameran, ada juga desain dlam rumah. Anda bisa install desain yang baru dengan mendownload di situsn
• Magnetic : Software untuk menampilkan wallpaper & screen saver dengan banyak pilihan. Anda bisa memilih wallpaper jenis binatang, pemandangan alam, manusia, sport dan lainnya. Ada banyak pilihan screen saver 3D yang akan menyejukkan pandangan mata Anda.
• U Cool 3D : Software yang bisa digunakan untuk membuat desain 3D. Fasilitas membuat garis,segitiga, polygon juga ada. Anda bisa tampilkan karya Anda dengan software ini di website Anda agar tampil lebih menarik. Penggunaan software ini terbatas dalam 15 hari.

  • Perangkat Keras(Hardware)

Perifericos

Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.
• Beberapa Perangkat Keras Hardware :
1. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868.
2. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
3. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu.
4. Microphone Atau Headphones
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
5. Graphics Pad
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
6. Sound Card
Sound Card adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
7. VGA Card

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4.
8. Kamera Digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut.
9. DVR (Digital Video Recorder)
Media Perangkat untuk perekaman berbasiskan digital, perangkat ini lebih canggih daripada perangkat sebelumnya yang masih analog.
10. HandyCam
Perangkat Perekaman video berkualitas tinggi HIGH DEFINITION memungkinkan mendapatkan hasil output video terbaik.
E. Multimedia dalam Implementasi Media Interaksi Presentasi
Diambil dalam kutifan Top 9 Reviews dapat diambil popularitas software yang digunakan untuk presentasi yang kini semakin trend seperti dibawah ini :

1

Gambar Popularitas Software Presentasi Top9Reviews

1. PowerPoint
2. Softmaker Presentation
3. Corel Presentation
4. Power Presentation
5. Presentation
6. Prezi Pro
7. ProPresenter
8. MediaShout
Media Presentasi perangkat lunak software diatas adalah media interaktif untuk membuat suatu presentasi yang baik dan berkualitas.

 

M, Imam, ” Tinjauan Multimedia”, http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7623/01+Tinjauan+Singkat+Mengenai+Multimedia.pdf, Diakses 12 April 2016.
M, Imam, “Perangkat Keras Multimedia”, http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7624/02+Perangkat+Keras+Multimedia.pdf, Diakses 12 April 2016.
M, Imam , “Perangkat Lunak Multimedia”, http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7932/03+Perangkat+Lunak+Multimedia.pdf,Diakses 12 April 2016.
M, Imam,  “Pengembangan Sistem Multimedia”, http://imam_muiz.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7933/04+Pengembangan+Sistem+Multimedia.pdf,Diakses 12 April 2016.

Top9Reviews, “Popularitas Software Presentasi”, http://presentation-software-review.toptenreviews.com/,Diakses 12 April 2016.
Binus, “Multimedia”, http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-1-00325-if%202.pdf,Diakses 12 April 2016.
Multimedia, “Macam-Macam Multimedia”, http://multimedia-ais.blogspot.ae/2010/10/macam-macam-software-multimedia.html, Diakses 12 April 2016.
ryzchaca, “Pengertian Multimedia”, http://ryzchacha.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-multimedia-dan-aplikasi.html, Diakses 12 April 2016.
Wikipedia, “Teks” , http://id.wikipedia.org/wiki/Teks_biasa, Diakses 12 April 2016.
Wikipedia, “Grafika Komputer”, http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer,Diakses 12 April 2016.

Tinggalkan komentar